Senin, 27 Februari 2012

Jurnal Penyesuaian


Tujuan dibuat nya jurnal penyesuaian yaitu untuk menyesuaikan akun akun yang ada di neraca saldo agar sesuai dengan keadaan sebenarnya. Dibawah ini adalah akun akun yang harus disesuaikan :

 1. Beban dibayar dimuka (Prepaid expense)
2. Pendapatan diterima dimuka (Unearned revenues)
3. Pendapatan yang belum diterima (Accrued revenues)
4. Utang beban (Accrued expense)
5. Beban Penyusutan (Depreciation expense)

Penjelasan :
1. Beban dibayar dimuka
transaksi yang dilakukan perusahaan untuk membayar beban , untuk disesuaikan agar sesuai dengan keadaan sebenarnya. (berapa yang sudah dipakai dan berapa yang belum dipakai).

2. Pendapatan diterima dimuka
 pendapatan yang diterima oleh perusahaan dimuka atau pendapatan yang harusnya diterima untuk beberapa bulan kedepan tetapi  diterima semuanya saat itu juga.

3. Pendapatan yang belum diterima
Pendapatan yang harusnya diterima oleh perusahaan karena sudah melakukan pekerjaan seperti yang diminta oleh pihak lain , tetapi belum dibayar oleh pihak tersebut.

4. Utang beban
Uang yang sudah dibayarkan untuk membayar beban tersebut ,tetapi manfaat dari beban tersebut belum dirasakan oleh perusahaan karena periode nya sudah berakhir.

5. Beban penyusutan
Beban yang dikenakan untuk fixed asset karena manfaatnya telah berkurang. Contoh : Supplies, Building. Untuk penyusutan akunnya : Beban penyusutan dan akumulasi penyusutan

Dibawah ini adalah contoh penyesuaiannya :

Beban perlengkapan (Debit)
Perlengkapan (Kredit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan masukan nyaa :)